Kendarikota.go.id
  • 20 Aug 2019

Visi Misi

VISI KOTA KENDARI

Mewujudkan Kota Kendari sebagai Kota Layak Huni yang berbasis Ekologi, Informasi dan Teknologi

MISI KOTA KENDARI

  1. Meningkatkan Kualitas Pelayanan Masyarakat
  2. Pembangunan Infrastruktur
  3. Menata Wajah Kota

Sejak Kepemimpinan H. Sulkarnain K, SE, ME dan dr. Hj. Siska Karina Imran, SKM Periode 2017-2022, sejumlah program yang telah dilaksanakan, utamanya program berbasis informasi dan teknologi. Para Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dipacu untuk menciptakan program pelayanan masyarakat berbasis informasi dan teknologi,diantaranya Layanan Integrasi Kendari atau LAIKA, layanan aduan masyarakat melalui aplikasi e-Humas, SiCantik Cloud yakni aplikasi yang memudahkan pelayanan pada pengurusan izin dan usaha dengan sistem teknologi informasi dan pelayanan satu pintu, e- signature, e-SPPD, SimpleSP2D, SIMSETGIS (Sistem Manajemen Informasi Aset Berbasis GIS), E-Planning, E- Monev, SIMPEG (Sistem Informasi Kepegawaian Daerah), SIMPER (Sistem Informasi Persuratan) aplikasi  mempermudah proses administrasi persuratan, JARI (Jaga Kendari) , TP-PNS, SIP-PBB, SIP-BPHTB, SIP-PAD, SIMANTAP.

Sejalan program digitalisasi pelayanan masyarakat, Pemerintah Kota Kendari juga terus berbenah pada program fisik. Sejak awal tahun 2019 Walikota Kendari H. Sulkarnain K, SE., ME. telah menuntaskan dan membebaskan lahan peruntukan jalan serta merevitalisasi kawasan pedestrian, melakukan normalisasi kali serta  saluran air (drainase). Melalui program Bina Marga, Cipta Karya dan SDA, Pemerintah Kota kendari terus meningkatkan jalan di beberapa kawasan dalam kota, diantaranya jalan kawasan Mandonga, Jalan Kawasan Kambu-Poasia, dan Jalan Kawasan Kambu-Poasia-Nambo.

Penataan kawasan kumuh melalui Program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) di seluruh Kecamatan se Kota Kendari.

Selama kepemimpinan H. Sulkarnain K. SE., ME. Dalam kurun waktu tahun 2019,  sejumlah penghargaantelahdiraih pemerintah kota kendari, diantaranya :

  1. Piagam Penghargaan Pasar Tertib Ukur  kepada Pasar Sentral Kota dan Pasar Baruga dariMenteri Perdagangan RI
  2. Penghargaan Adipura untuk Kategori Kota Sedang dan Taman Kota Terbaik dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Tahun 2019.
  3. Penghargaan untuk laporan Hasil Evaluasi Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah Tahun 2018 dan tahun 2019 Wilayah III dengan predikat "B" dari KemenPAN RB
  4. Opini WTP dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) secara berturut-turut selama 7 (tujuh) kali (2013-2019)
  5. Penghargaan Indeks Kota Tanggap Ancaman Narkoba dari Badan Narkotika Nasional (BNN) RI Tahun 2019
  6. Penghargaan Kota Layak Anak (KLA) Predikat Madya dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI Tahun 2019
  7. Piagam Penghargaan Duta Inklusi dan Literasi Keuangan Awards (Dilan) Tingkat Kota/Kabupaten dari OJK .
  8. Penghargaan Kinerja Unit Penyelenggara Publik Wilayah III Predikat A (Pelayanan terpadu Satu Pintu) kategori Pelayanan Prima dari KemenPan-RB Tahun 2019 dan Tahun 2020.
  9. Penghargaan Kota Sehat Swasti Saba Wistara dari Kementerian Dalam Negeri & Kementerian Kesehatan RI Tahun 2019.
  10. Penghargaan Predikat Kepatuhan Tinggi Terhadap Standar Pelayanan Publik dari Ombudsman RI Tahun 2019.
  11. Penghargaan Kabupaten/Kota Peduli Hak Asasi Manusia (HAM) dari Kementerian Hukum dan HAM Tahun 2019. 
  12. Penghargaan BI Sultra Award kategori Pemerintah Daerah Inovasi Elektronikfikasi Pemerintah Daerah Tahun 2019.
  13. Penghargaan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah(SAKIP) Kategori B dari Kemenpan RB Tahun 2020.
  14. Penghargaan Reformasi Birokrasi (RB) Kategori B dari Kemenpan RB Tahun 2020 (tertinggi se Sulawesi Tenggara)
  15. Monitoring Centre For Prevention (MCP) dari Korsupgah Komisi Pemberantasan Korupsi RI Tahun 2020 (tertinggi se Sulawesi Tenggara dengan nilai 87,07%).